Mengungkapkan Pokok Pokok Isi Teks Dengan Teknik Membaca Cepat


indonesia-membaca

Membaca cepat merupakan suatu keterampilan. Keterampilan tersebut akan berkembang apabila dilakukan secara rutin dan berkesinambungan melalui latihan yang intensif. Membaca cepat adalah proses memahami suatu bacaan dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, dalam waktu yang relatif singkat seorang pembaca cepat dapat memahami bacaan yang rlatif banyak.

Setelah anda membaca sebuah teks, tentunya anda harus mampu mengungkapkan pokok isi teks tersebut, karena tujuan terpenting dari membaca adalah dapat memahami pokok – pokok isi bacaan. Pokok – pokok isi bacaan biasanya tersebar dalam paragraf – paragraf. Pokok- pokok tersebut dikenal dengan pokok pikiran, pikiran utama, atau ide pokok. Setiap paragraf hanya memuat satu pokok pikiran dan didukung oleh beberapa kalimat sebagian pikiran penjelasnya.


Cara yang dilakukan untuk menentukan pokok pikiran sebagai berikut :

1.Cari pernyataan umumnya, kemudian lihatlah apakah kalimat yang lain mendukung dan menjelaskan pernyataan umum tersebut.
2.Jika pokok pikiran tersebut sulit ditemukan, sebaiknya anda membaca dengan seksama untuk mendapatkan pemahaman yang lebih cermat. Akan tetapi, jika

pokok pikiran tersebut mudah ditemukan, Anda dapat membaca dengan kecepatan tinggi.

Tehnik membaca terbagi menjadi dua yaitu :

A. Membaca Scanning

BACA

1. Pengertian

Membaca tatap (scanning) atau disebut juga membaca memindai adalah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, dia akan melampaui banyak kata. Menurut Mikulecky & Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca. Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Biasanya kita membaca kata per kata dari setiap kalimat yang dibacanya. Dengan berlatih teknik membaca memindai, seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat. Tapi, membaca dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk keperluan untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari ahli hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil membacanya.

Scanning atau membaca memindai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. Memindai artinya terbang di atas halaman-halaman buku. Membaca dengan teknik memindai artinya menyapu halaman buku untuk menemukan sesuatu yang diperlukan. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Teknik membaca memindai (scanning) adalah teknik menemukan informasi dari bacaan secara cepat, dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata, kemudian ketika sampai pada bagian yang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Mata bergerak cepat, meloncat-loncat, dan tidak melihat kata demi kata.

2. Langkah-langkah Scanning

•Perhatikan penggunaan urutan seperti angka, huruf, langkah, pertama, kedua, atau selanjutnya.

•Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.

•Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraph

Langkah atau proses scanning yang lain yakni:
Scanning dilakukan dengan cara:
(1) Menggerakkan mata seperti anak panah langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan,

(2) Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari, dan

(3) Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca (misalnya, kamus disusun secara alfabetis dan ada keyword di setiap halaman bagian kanan atas, ensiklopedi disusun secara alfabetis dengan pembalikan untuk istilah yang terdiri dari dua kata, dan sebagainya).

3. Tujuan

Adapun tujuan dari membaca scanning yaitu:
•Mencari informasi dalam buku secara cepat

•Scanning merupakan teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang telah ditentukan pembaca,

•Pembaca telah menentukan kata yang dicari sebelum kegiatan scanning dilakukan, pembaca tidak membaca bagian lain dari teks kecuali informasi yang dicari.

•Mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. Biasanya, ini dilakukan jika Anda telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda cari sehingga berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik.

B. Membaca Skimming

reading book

1. Pengertian

Membaca-layap (skimming) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. (Farida Rahim, 2005). Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005).

Pengertian lain dari membaca skimming adalah membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi dari yang kita baca. Skimming dilakukan untuk melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya.

Selain untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.

2. Langkah-langkah Skimming

•Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.

•Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut.

•Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph

•Jangan membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci atau keyword-nya,

•Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut

3. Tujuan

Banyak yang mengartikan skimming sebagai sekedar menyapu halaman, sedangkan pengertian yang sebenarnya adalah suatu ketrampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien, untuk berbagai tujuan.

About these ads

Posted on 19 Januari 2013, in Informasi, Pendidikan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Info yang sangat bermanfaat.
    Praktek ah….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 882 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: