Mengidentifikasi Alur, Penokohan, dan Latar Cerpen


Cerpen merupakan karya sastra yang berupa prosa. Karya ini sering bersentuhan dengan kehidupan anda sehari – hari sehingga menarik untuk anda cermati unsur – unsur yang membentuknya. Pada pertemuan ini, anda diajak mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen berupa alur, penokohan, dan latar.

1.Alur atau Plot

Alur (plot) adalah jalinan peristiwa dalam karya sastra yang berhubungan antara kejadian yang satu dengan yang lainnya berdasarkan hukum sebab – akibat (kausalitas). Berdasarkan hubungan tersebut, setiap cerita dapat dibagi dalam lima tahap, yaitu pengenalan, keadaan mulai bergerak, keadaan mulai memuncak, keadaan puncak klimaks, dan penyelesaian.

2.Penokohan atau Perwatakan

Sebuah cerpen pasti terbangun atas unsur tokoh. Pengarang menggambarkan karakter tokoh – tokoh dalam cerita melalui penokohan. Pengembangan penokohan dalam cerita dilakukan dengan menggambarkan tokoh secara langsung, sedangkan teknik dramatik dilakukan dengan menggambarkan tokoh melalui perilaku, tata bahasa, jalan pikiran, atau melalui tokoh lain.

3.Latar

Latar berbeda dengan latar belakang. Latar adalah segala keterangan mengenai waktu, tempat atau ruang, dan suasana yang diceritakan dalam sebuah cerpen.

About these ads

Posted on 20 Januari 2013, in Informasi, Pendidikan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. trimakasih atas materinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 882 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: