Bahaya Overdosis dan Bahaya Kelebihan Mengkonsumsi Vitamin B3


niacin

Kekurangan vitamin B3 juga dimungkinkan lalu kelebihan vitamin B3 pun lebih dimungkinkan lagi. Karena konsumsi yang setengah-setengah akan vitamin B3, terutama pada saat seseorang hanya mengerti bagaimana tubuh kekurangan vitamin B3 itu tanpa mengerti dampak kelebihannya. Vitamin B3 ini berfungsi untuk memecah karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih rendah yaitu glukosa. Kemudian glukosa ini yang dapat dikonversikan menjadi energi untuk digunakan sehari-sehari. Manfaat lainnya dari vitamin B3 diperlukan untuk respirasi sel pada tubuh, membantu dalam pelepasan energi dan metabolisme karbohidrat, memecah lemak, dan memecah protein, sirkulasi untuk kulit yang sehat, dan masih banyak lainnya.

Gejala Kelebihan Vitamin B3

Gejala kelebihan vitamin B3 ini banyak terjadi bagi mereka yang kelebihan vitamin B3 dalam konsumsinya. Seperti muka merah dikarenakan pelebaran pembuluh darah akibat kelebihan vitamin B3. Sehingga menimbulkan juga gatal-gatal dan infeksi iritasi kulit. Gejala lain seperti muntah, lidah membengkak, pingsan juga dapat terjadi pada orang yang kelebihan vitamin B3 ini. Seperti muka yang memerah diatas, bahwa gejala tersebut terjadi dalam waktu pertama kali yaitu satu jam setelah pemakaian dosis tinggi vitamin B3 ini. Lalu akan berkurang satu jam berikutnya (dengan tetap mengkonsumsi banyak air putih untuk melarutkan vitamin B3 menjadi urin dan dikelurkan oleh tubuh).
Penyakit Akibat Kelebihan Vitamin B3.

Gejala penyakit berarti tubuh mengalami respon dimana sedang mendapatkan kelebihan vitamin tertentu. Dengan mengenal gejala-gejala ini, maka penyakit akibat kelebihan vitamin B3 bisa ditanggulangi. Jika gejala ini diabaikan maka penyakit itu bisa dialami seseorang. Penyakit itu antara lain ruam kulit, insomnia, maag, liver dan tingginya kadar gula darah. Akan dibahas lebih lanjut di poin berikutnya tentang penyakit-penyakit diatas akibat kelebihan vitamin B3.

Ruam Kulit

Gatal-gatal adalah ditandainya tubuh terkena ruam kulit. Untuk kelebihan vitamin B3 yang mana vitamin B3 malah bisa menjadi racun bagi tubuh. Gatal-gatal itu berkembang menjadi bengkak ruam pada kulit. Biasanya menyerang pada leher dan wajah. Karena tubuh mengalami alergi hebat akibat kelebihan vitamin B3 sehingga pembuluh darah membesar sehingga kulit menjadi mudah teriritasi. Ruam kulit bisa menjadi sangat menyakitkan jika tidak segera diatasi kelebihan vitamin B3. Untuk terapi pengobatannya bisa dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.

Insomnia

Produksi tryptophan pada tubuh dimana meningkat juga karena stress dan mengakibatkan sulit tidur atau insomnia. Vitamin B3 yang tinggi inilah menjadikan pembuluh darah melebar di arteri sehingga arteri yang menuju ke kepala pun membesar sehingga darah yang masuk ke otak semakin banyak. Semakin banyaknya darah yang masuk ke otak mengakibatkan kinerja otak tidak bisa beristirahat. Jika dipaksakan tidur, tubuh akan bangun lagi setelah beberapa jam secara mendadak. Terapi kelebihan vitamin B3 tetap dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.

Maag

Maag adalah keluarnya asam lambung berlebih sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit karena asam lambung tersebut melukai usus. Usus dilindungi oleh lapisan yang mana melindungi usus dari asam lambung yang berfungsi untuk mencerna makanan. Kelebihan asam inilah yang mengakibatkan lapisan pelindung asam pada usus tidak dapat melindungi usus dari kelebihan asam yang seharusnya. Kelebihan vitamin B3 ini juga dapat memicu penyakit maag. Saat tubuh mengkonsumsi vitamin B3, maka produksi asam pada sistem pencernaan pun meningkat. Karena menandakan harus adanya karbohidrat yang masuk pada sistem pencernaan dan dicerna menjadi glukosa. Kelebihan vitamin B3 berarti memaksa tubuh untuk terus menghasilkan energi melalui asupan makanan di sistem pencernaan.

Liver

Masalah pada hati juga diakibatkan konsumsi vitamin B3 berlebih. Saat konsumsi vitamin B3 berlebih, vitamin B3 yang seharusnya menjadi bermanfaat pada tubuh malah menjadi racun pada tubuh. Hati sebagai penawar racun dari zat apapun yang masuk ke dalam tubuh baik dalam kondisi berlebihan ataupun yang memiliki sifat racun dan berbahaya dalam tubuh. Mencegah racun pada tubuh atau menguranginya tentu dengan konsumsi makanan yang alami yang mengandung vitamin B3. Tidak dengan asupan suplemen.

Tingginya Kadar Gula Darah

Akibat tingginya kadar gula dalam darah dapat memicu diabetes melitus atau kencing manis. Saat kadar gula darah tinggi inilah yang dapat mengganggu organ vital tubuh seperti jantung, ginjal, mata, dan lainnya. Karena diketahui bahwa vitamin B3 dapat meningkankan kadar glukosa dalam darah. Saat kadar glukosa ini tinggi, glukosa ini bisa tidak merata diedarkan di seluruh tubuh dan penumpukan glukosa ini akan menimbulkan kadar gula darah yang tinggi. Menimbulkan diabetes dan dapat menyebabkan kematian.

Dari sekian banyak akibat kelebihan vitamin B3 dan penyakit akibat kelebihan vitamin B3 perlu diwaspadai. Mengkonsumsi vitamin B3 memang penting. Dimana konsumsi ini juga mendatangkan manfaat dan mengisi energi kita kembali yang belum terproses sempurna akibat konsumsi karbohidrat berlebihan dalam tubuh. Konsumsilah vitamin B3 secara alami untuk mengurangi kecenderungan kelebihan vitamin B3. Namun konsultasikan juga ke dokter, jika penyakit diatas sudah terjangkit. Karena belum tentu hanya mengurangi vitamin B3 saja untuk mengobatinya, perlu obat-obatan lain. Untuk itu jagalah selalu kesehatan Anda.

About these ads

Posted on 29 Januari 2013, in Informasi, Pendidikan, Pendidikan Kesehatan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 882 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: