Faktor – Faktor yang Melatarbelakangi Hubungan Internasional


Faktor Internasional

  1. Suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan ekonominya hanya dengan mengandalkan kemampuan negaranya sendiri secara terus menerus.
  2. Secara geografis, antara satu wilayah dengan wilayah lain memiliki karakteristik tertentu yang berbeda – beda. Perbedaan kondisi geografis menyebabkan potensi yang dimiliki suatu negara berbeda – beda. Satu potensi yang dimiliki suatu negara belum tentu dimiliki negara lainnya, demikian pula sebaliknya.
  3. Adanya persamaan kepentingan, yang sering disebut asosiasi dalam lingkup internasional.
  4. Adanya persamaan dalam suatu kawasan geografis sehingga lebih memungkinkan adanya kerja sama, misalnya ASEAN, APEC, dan lain – lain.
  5. Adanya permasalahan ekonomi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu yang menuntut suatu pemecahan perlu dilakukannya hubungan secara bilateral, regional, maupun multilateral.

  6. Era globalisasi menuntut adanya hubungan antarnegara di dunia, sebab keberhasilan pembangunan ekonomu suatu negara tidak hanya ditempuh melalui kekuatan atau kemampuan sendiri dari dalam negeri saja, namun diperlukan kerja sama antarnegara.

Secara umum titik berat dalam hubungan internasional antara lain dalam bidang pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya, dan ideologi. Hubungan semacam ini biasanya diarahkan untuk memajukan kepentingan masung – masing negara atau untuk kepentingan bersama umat manusia yang bersifat universal. Suatu negara dapat melakukan hubungan internasional manakala kemerdekaan dan kedaulatannya, baik secara de facto maupun de jure telah diakui oleh negara lain.

Baca Juga :

  1. Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional
  2. Pentingnya Hubungan Internasional dan Asas – Asas Hubungan Internasional
About these ads

Posted on 20 Februari 2013, in Informasi, Pendidikan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ini sangat membantu..thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 882 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: