Deskripsi tentang Internet, Jaringan, LAN, MAN, WAN


Internet berasal dari istilah interconnection network. Internet adalah hubungan berbagai jenis komputer sehingga terbentuk jaringan komputerglobal yang berkominikasi menggunakan jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, dan satelit. Internet juga menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung, sehingga masing – masing jaringan dapat berkomunikasi.
Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan meskipun komputer dan jaringan memiliki sistem operasi dan program aplikasi yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan berkat tehnologo protokol standar komunikasi internasional yaitu protokol TCP/IP.

1. Mengenal Istilah – Istilah Dalam Jaringan Komputer

Jaringan komputer (network) merupakan sarana utama pembentuk jaringan internet. Jaringan komputer dapat berupa jaringan lokal maupun jaringan global. Jaringan komputer berbeda dengan komputer stand alone. Jaringan komputer (yang sering disebut jaringan) adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Didunia dikenal beberapa macam jaringan. Pergolongan jaringan dilakukan berdasarkan kriteria yang berupa lingkup wilayah jaringan, metode penyambungan jaringan, dan arsitektur jaringan. Saat membahas tentang jaringan anda akan menemukan istilah workstation dan server.

APA ITU SERVER ?

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Fungsi server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

APA ITU WORKSTATION ?

Workstation adalah sebuah komputer dengan kinerja tinggi yang dikhususkan untuk penggunaan tertentu seperti graphics, CAD, development software and scientific applications. Workstation dapat berupa sebuah komputer RISC-based dengan sistem operasi Unix atau Linux, seperti contohnya adalah produk dari Sun, HP, IBM dan SGI. Workstation juga dapat berupa sebuah PC high-end dengan processor AMD atau Intel. Ciri utama adalah pada spesifikasi yang menggunakan processor yang cepat, jumlah memory yang besar, kapasitas harddisk yang besar, dan/atau graphic processor khusus untuk kinerja grafis dan CAD. Workstation juga dapat merujuk pada komputer terminal client dalam lingkungan bisnis korporasi.

Selain server dan workstation, dalam jaringan dikenal pula istilah simpul atau node. Node artinya titik. Dalam konteks jaringan, node merupakan anggota jaringan yang dapat menerima data atau menghasilkan data. Ada juga node yang dapat melakukan keduanya, contoh node yaitu komputer server serta client.

APA ITU CLIENT ?

Client adalah komputer yang diperbolehkan untuk masuk kedalam network dan mengambil/menggunakan segala sumber daya yang tersedia didalam network. Piranti yang ada didalam komputer Client seperti memory, prosesor, tidaklah sekuat seperti yang pada pada server. Walaupun saat sekarang ini, harga PC sudah jauh menurun sehingga memungkinkan memasangkan piranti server di komputer client, walaupun dalam pengertian Client Server ini tidak ada pengaruhnya.

Dalam skala kecil, jaringan komputer dapat disusun menggunakan server, hub, serta client. Hub adalah alat yang digunakan sebagai penghubung server dan client. ( Lihat Gambar Sebelumnya )

Jaringan komputer dapat digunakan baik dalam lingkup sempit seperti jaringan komputer perkantoran. Dan dalam lingkup besar yaitu antar benua, misalnya jaringan internet.
Berdasarkan wilayah kerja jaringan, pada umunya dikenal istilah LAN ( Local Area Network ), MAN ( Metropolitan Area Network ), dan yang terakhir adalah WAN ( Wide Area Network ).

APA ITU LAN ( Local Area Network ) ?

LAN merupakan jaringan yang cakupannya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung atau sebuah kompleks. Kadang-kadang LAN juga disebut Single Location Network atau jaringan berlokasi tunggal. Untuk alasan administratif. LAN yang besar biasanya membagi dan mengelompokkan anggota jaringan dalam bentuk kelompok kerja (workgroup). Workgroup merupakan kumpulan komputer yang berbagi sumber daya yang sana dalam sebuah LAN.

APA ITU MAN ( Metropolitan Area Network ) ?

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.

APA ITU WAN ( Wide Area Network ) ?

WAN merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas dan biasanya memanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon. Jaringan internet, mengingat jangkauannya yang luas dapat digolongkan sebagai WAN. Jaringan mesin ATM dari bank nasional diseluruh Indonesia juga merupakan contoh jaringan WAN.

referensi : rhismawan.blogspot.com/2012/03/apa-itu-lan-man-dan-wan.html

Posted on 15 Oktober 2012, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: