Tips Mengembalikan Versi Trial Sebuah Aplikasi Yang Sudah Habis Masa Percobaannya


Oke sobatku semua, kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips bagi kalian yang mengalami masalah dengan produk aplikasi yang sudah habis masa percobaannya, apalagi jika sulit mencari serial number atau lisensi key nya, dan anda pula tidak perlu merubah tanggal atau waktu di komputer anda hehee, ini bukanlah masalah besar sobat, if we are trying hard to restore the trial version as usual, I’m sure we can surely.

hahaha langsung aja deh

1. Uninstall lah aplikasi yang habis masa percobaannya itu dengan ccleaner atau tune up utilities ( Itu yang saya gunakan )
2. Bersihkan pula registry sisa uninstall dengan aplikasi diatas.

Ets tenang, bukan berarti kita tergantung pada aplikasi seperti diatas, itu hanya untuk memudahkan kita menghapus file file sisa lebih banyak saja, hehehe

3. Setelah aplikasi yang trial version itu di Uninstall, periksalah tempat penyimpanan bekas instalan aplikasi tersebut, misal :

Misal saya ambil contoh, saya menginstall aplikasi photobrush yang trial version di local disk c, Setelah 30 hari habislah masa berlakunya, saya menyimpan installannya dengan alamat sebagai berikut C:\Program Files (x86)\photobrush. Nah maka setelah saya mengunistall aplikasi tersebut, saya mesti memeriksa kembali di alamat penyimpanan itu, karena dihawatirkan masih ada file file yang tersisa dari hasil uninstall yang dapat menjadi tempat penyimpanan informasi aplikasi tersebut agar tidak berfungsi lagi kecuali kita membeli lisensinya. Jika masih ada, maka file – file sisa tersebut harus dihapus.

4. Setelah anda yakin file – file sisa tersebut telah dihapus, maka kini anda tinggal menghapus data informasi ( registry ) aplikasi itu, yang berada di regedit yang mungkin tidak dapat dihapus oleh ccleaner dan tune up utilities diatas. anda dapat melakukan hal ini dengan cara, klik tombol start + r ( atau klik start, ketikkan run ). setelah itu masukkan kata kunci regedit.

5. Setelah masuk kedalam regedit, disebelah kiri akan muncul folder folder seperti
Computer
HKEY_CLASSES_ROOT
HKEY_CURRENT_USER
HKEY_LOCAL_MACHINE
HKEY_USERS
HKEY_CURRENT_CONFIG
nah setelah ke 6 folder tersebut anda temukan, maka anda masukkanlah yang bertuliskan hkey hkey itu kedalam computer, hingga nanti hanya tersisa folder
^Computer

6. Langkah selanjutnya setelah langkah kelima, maka anda tekan tombol Ctrl + F ( Find ), maka nanti akan muncul alat pencarian. Ketikanlah nama aplikasi yang telah anda uninstall tersebut, misal :

Melanjutkan yang sebelumnya, saya akan mengetik di alat pencarian itu dengan kata kunci “photobrush” tanpa tanda kutip, agar muncullah registry – registry sisa uninstall nya.

7. Setelah muncul apa yang anda cari maka hapuslah registry – registry yang bersangkutan, agar proses penguninstallannya sempurna.

8. Jika anda sudah menghapusnya maka tekanlah tombol F3 untuk mencari registry selanjutnya, atau dengan mengklik Ctrl + F lagi.

9. Hapuslah registry registry yang bersangkutan, dan setelah anda yakin seluruh registry yang bersangkutan dengan aplikasi yang di uninstall itu tidak ada lagi, maka cobalah menginstall ulang aplikasi tersebut. Jika anda berhasil, maka aplikasi itu akan kembali menjadi trial yang sebelumnya, jika aplikasi tersebut di beri masa percobaan 30 hari, maka dia akan kembali ke masa percobaan di hari pertama.

Posted on 26 Oktober 2012, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Check disk pkai tuneup utility bkin hdd gw eror booting lama bngt nyampai 30 menit dan akhir nya gk terdeteksi di bios.

    • wah wah
      hdd nya kena dong itumah
      bisa jadi karena check disk nya gak berjalan dengan lancar (error), bisa karena dipaksa exit, atau menemukan beberapa kerusakan yang bisa saja diakibatkan oleh virus sehingga ada beberapa data yang corrupt

      saya pakai Tune Up Utilities 2012 gak pernah ada masalh tuh gan

      agan pake Tune Up Uitlities yang mana ?

  2. gan kalo cara lain ada gak

    dan saya punya temen dia download aplikasi komputer yang seharusnya trial atau berbayarl\ semacamnya lah

    tapi dia bisa download aplikasi itu dengan gratis = Rar lagi
    ada pun trial tapi dia dapat kodenya
    gimana tu caranya ya gan

    saya mau minta caranya dia gak mau
    dim beri uang gak mau
    bingung sya jadinya

    mungkin agan bisa menjawab pertanyaan saya

    sekian terima kasih

  3. waduh kalau sampai ke registry beresiko banget gan nih aja baru instal ulang. belum nyampek 1 jam.
    ,
    masalahnya krn di registry itu tadi.

    • Hahahaha😀 ngga juga ko gan
      ane kasih tau deh triknya
      1. agan masuk ke regedit dulu untuk ngelihat registry
      2. agan teken tombol ctrl + f (find)
      3. agan tulis nama aplikasinya, misal CCleaner
      4. agan tekan F3 untuk pencarian lebih lanjut
      5. kalau agan udah yakin yang di regedit udah bersih, dari registri aplikasi itu (gk ada lagi). agan lihat di local disk c, agan bisa cari nama aplikasi itu di program filesnya, atau kalau pengen gak ribet, carinya pake ini
      ctrl + f, tulis nama aplikasinya.

      emang sih cara manual gini tingkat keberhasilannya 50 berbanding 50

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: