Definisi Penyakit Kolera


akibat penyakit kolera

Penyakit kolera adalah penyakit yang menginfeksi saluran usus bersifat akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, bakteri ini masuk kedalam tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri tersebut mengeluarkan enterotoksin (racunnya) pada saluran usus sehingga terjadilah diare (diarrhoea) disertai muntah yang akut dan hebat, akibatnya seseorang dalam waktu hanya beberapa hari kehilangan banyak cairan tubuh dan masuk pada kondisi dehidrasi.

Bakteri Vibrio Cholerae
Cholera

Apabila dehidrasi tidak segera ditangani, maka akan berlanjut kearah hipovolemik dan asidosis metabolik dalam waktu yang relatif singkat dan dapat menyebabkan kematian bila penanganan tidak akurat. Pemberian air minum biasa tidak akan banyak membantu, Penderita (pasien) kolera membutuhkan infus cairan gula (Dextrose) dan garam (Normal saline) atau bentuk cairan infus yang di mix keduanya (Dextrose Saline).

Hipovolemik
syok-hipovolemik

Sebenarnya Kolera adalah penyakit yang dapat diobati dengan mudah, Kebersihan dan menjaga kebersihan sangat diperlukan. Karena hal ini terutama yang menonjol di negara-negara miskin, mendidik orang di negara-negara berkembang tentang kebersihan jalan akan ikut dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit ini.

penyebab Penyakit Kolera

– Paparan kebersihan yang buruk
– Makan makanan mentah atau kerang
– Kekurangan asam klorida dapat meningkatkan kerentanan

Faktor-faktor penyebab Penyakit Kolera

penyebab Penyakit KoleraBahaya nyata adalah setelah bencana seperti perang, kelaparan, atau banjir, yang menciptakan tekanan pada air dan makanan tersedia sumber daya. Pipa air minum bisa terkontaminasi akibat kebocoran. Kelangkaan kebutuhan dasar ini membuat hidup sulit dan otoritas sipil tidak dapat dibenarkan situasi dengan cepat. Hal lepas kendali dan orang-orang yang terkena dan terinfeksi mungkin tidak bisa diidentifikasi dengan cepat dan dipisahkan dari seluruh penduduk.

Vibrio cholerae adalah nama ilmiah untuk kolera. Ada dua jenis umum Vibro cholerae: Vibrio cholerae serogrup O1 dan Vibrio cholerae serogrup non-O1. Seseorang dapat terkena kolera dengan minum air atau makan makanan tercemar dengan Vibrio cholerae.

Sebuah Pengantar Nama Ilmiah Kolera

Nama ilmiah kolera adalah Vibrio cholerae. Vibrio cholerae adalah jenis bakteri, ketika infeksi terjadi, dapat mengakibatkan penyakit diare akut yang dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan bahkan kematian dalam hitungan jam (kolera).Vibrio cholerae adalah batang gram negatif. Mereka adalah fakultatif anaerob, yang berarti mereka dapat bertahan hidup baik dengan atau tanpa oksigen.

Jenis jenis dan macam macam Vibrio cholerae
Ada dua jenis umum Vibrio cholerae:

1. Vibrio cholera serogrup O1 non-bakteri
2. Vibrio cholera serogrup O1.

Dalam kebanyakan kasus, Vibrio cholerae serogrup O1 adalah jenis Vibrio cholerae yang menyebabkan kolera. Vibrio cholera serogrup O139, sebuah Vibrio cholerae serogrup O1 non-bakteri, adalah penyebab lain dari kolera. Ada sekitar 70 spesies lain dari Vibrio cholera serogrup O1 non-bakteri, namun spesies lainnya jarang menyebabkan diare.

Penularan Vibrio cholerae

1. Seseorang bisa mendapatkan kolera dengan minum air atau makan makanan tercemar dengan Vibrio cholerae. Sumber kontaminasi cholerae Vibrio, selama epidemi, biasanya tinja orang yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat di daerah dengan pengobatan yang tidak memadai limbah dan air minum.

2. Vibrio cholerae juga dapat hidup dalam lingkungan payau (air asin) sungai dan perairan pesisir. Ketika dimakan mentah, kerang telah menjadi sumber bakteri Vibrio cholerae, dan beberapa orang di Amerika Serikat terjangkit kolera setelah makan kerang mentah atau kurang matang dari Teluk Meksiko.

3. Karena Vibrio cholerae tidak mungkin menyebar langsung dari satu orang ke orang lain, kontak biasa dengan penderita tidak risiko untuk menjadi sakit.

4. Setelah Vibrio cholerae yang tertelan, bakteri perjalanan ke usus kecil di mana mereka mulai berkembang biak. Penyebab utama diare berair, gejala kolera karakteristik, adalah ketika Vibrio cholerae mulai memproduksi racun mereka.

5. Dalam rangka mengembangkan gejala kolera, seseorang perlu menelan banyak Vibrio cholerae. Jumlah yang dibutuhkan menurun pada mereka yang menggunakan antasida (atau siapa yang baru saja dimakan makan), ketika asam di lambung dinetralkan.

6. Penyakit dapat menyebar lebih lanjut jika orang yang terinfeksi mulai menggunakan sumber air kotor untuk membersihkan diri mereka sendiri dan untuk buang dari limbah.

Pencegahan Penyakit Kolera

1.Direbus atau hanya minum air murni
2.Hindari makan makanan mentah
3.Hindari makan makanan mentah dan kerang
4.Hindari salad
5.Sanitasi dan sistem pemurnian air yang akan dimonitor
6.Sayuran dan buah-buahan harus dicuci dengan larutan kalium permanganat

Posted on 30 Oktober 2012, in Pendidikan, Pendidikan Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. subhanallah..nudzubillah,
    apakah sudah ada obat untuk mengakal penyakit tersebut dok?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: