Semua Tentang Nutrisi


nutrisi(1)

Oke sobat tsumasaga hehehe, kali ini saya akan coba berbagi ilmu tentang kesehatan nih, yaa sekalian saya belajar juga gitu hehee
oke langsung aja deh…
Cekidott……

Nutrisi berkaitan dengan komposisi makanan , kandungan energi, dan secara perlahan ( atau tidak sama sekali ) disintesa molekul organik. Chemotrof adalah organisme ( sebagian besar bakteri ) yang mendapatkan energinya dari hasil reaksi kimia anorganik.
Fototrof mengubah energi sinar matahari menjadi gula atau molekul organik lainnya pada makanannya. Makronutrien adalah makanan yang diperlukan pada sekala besar setiap hari, termasuk karbohidrat, lemak, dan asam amino. Air sangatlah penting bagi seluruh mahluk hidup, keseimbangan air yang tepat merupakan keharusan bagi berfungsinya tubuh dengan baik. Sekitar 60% makanan harus terdiri dari karbohidrat, seperti terdapat pada susu, daging, sayuran, biji – bijian dan produknya. Makanan harus mengandung setidaknya 100 gram karbohidrat setiap hari.

Protein adalah polimer yang tersusun dari asam amino. Protein terdapat pada daging, susu, daging unggas, ikan, biji – bijian serealia, dan kacang – kacangan. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel . Dua puluh asam amino terdapat dalam protein, dimana manusia dapat membuat sebelas diantaranya. Sembilan asam amino lainnya adalah asam asam amino esensial yang harus di suplay oleh makanan. Biasanya protein tidak digunakan untuk energi, tetapi selama kelaparan protein otot pecah menjadi energi. Protein yang berlebih dapat digunakan untuk energi atau diubah menjadi lemak.

Lipid dan lemak adalah pembangkit energi terbesar, sehingga banyak tumbuhan dan hewan menyimpan energi dalam bentuk lemak. Lipid dan lemak terdapat dalam minyak, daging, mentega, dan tumbuhan ( seperti alpukat dan kacang tanah ). Beberapa asam lemak, seperti asam linolet, sangatlah penting dan harus terdapat dalam makanan. Didalam usus, lipid berperan melarutkan vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin adalah molekul organik yang diperlukan untuk reaksi metabolis. Vitamin biasanya tidak dapat dibuat oleh tubuh dan diperlukan dalam jumlah sedikit. Vitamin dapat bertindak sebagai kofaktor enzim atau ko enzim. Beberapa vitamindapat larut dalam lemak, beberapa dalam air.

Mineral adalah elemen yang diperlukan dalam jumlah sedikit untuk metabolisme nirmal, sebagai komponen sel dan jaringan, dan untuk konduksi syaraf dan kontraksi otot. Mineral hanya dapat diperoleh dari makanan. Zat besi ( untuk hemoglobin ), iodine ( untuk tiroksin ), kalsium ( untuk tulang ), dan sodium ( transmisi pesan syaraf ) adalah contoh – contoh dari mineral.

Ada hubungan kuantitatif antara nutrisi dan kesehatan. Ketidakseimbangan dapat mengakibatkan penyakit. Banyal studi telah minyimpulkan bahwa nutrisi adalah faktor utama dalam penyakit jantung, darah tinggi, dan kanker.

Informasi Mineral Penting

Informasi mineral penting

Posted on 25 Januari 2013, in Informasi, Pendidikan, Pendidikan Kesehatan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: