Penyembuhan Alami Pada Manusia Ketika Terluka (Pembekuan Darah)


darah merah

Hai sobat…… kali ini saya akan coba berbagi informasi tentang darah nih
Yiatu tentang keajaiban tubuh manusia dalam penyembuhan luka hehe😀
Oke sobat ayo langsung saja kita simak pembahasan berikut ini :

Video proses mekanisme pembekuan darah (Trombosit)

Hayo ada yang sudah bisa menyimpulkan dari video di atas belum hehehe

Proses Mekanisme Pembekuan Darah

Selama kita hidup pastilah kita pernah mengalami yang namanya terluka hingga berdarah, walaupun tergores hingga darahnya mengucur hingga 5 ember, maupun itu tua atau muda atau sekalipun itu adalah anak – anak pastilah setelah mengalami luka pada permukaan tubuhnya akan terjadi proses pembekuan darah.. heheehe😀 maaf bila ada kata – kata yang aneh hehe hanya sekedar selingan saja biar tidak bosan membaca.

Pembekuan darah yang disebabkan oleh adanya trombosit akan dimulai ketika keping-keping darah dan faktor-faktor lain dalam plasma darah menemukan kejanggalan pada permukaan tubuh yang tidak biasa, seperti pembuluh darah yang rusak atau terluka. Pada saat terjadi luka pada permukaan tubuh darah komponen darah yaitu trombosit akan bekerja secara spontan, secara langsung bagaikan polisi yang menangkap pencuri hehehe😀, maksud saya trombosit akan segera berkumpul dan menghampiri tempat yang mengalami luka tersebut dan mengerubunginya hingga akhirnya akan menggumpal sehingga dapat menyumbat dan menutupi luka yang telah terjadi.
Tapi ngomong ngomong apa trombosit juga bisa menutupi luka yang telah tercipta di hati seseorang yang sedang terluka karena cinta ya ? hahahhaa😀

Perhatikan gambar berikut

proses pembekuan darah

Di dalam plasma darah terdapat trombosit yang akan pecah apabila menyentuh permukaan tubuh yang terluka, itu karena permukaan yang luka biasanya bersifat kasar, dan bila trombosit pecah, enzim tromboplastin yang dikandungnya akan keluar bercampur dengan plasma darah. Selain trombosit, di plasma darah juga terdapat protombin. Protombin akan diubah menjadi trombin oleh enzim tromboplastin. Perubahan protombin menjadi trombin dipicu oleh ion kalsium (Ca2+). Protombin adalah suatu protein plasma yang pembentukannya memerlukan vitamin K. Trombin akan berfungsi sebagai enzim yang dapat mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Fibrinogen adalah suatu protein yang terdapat dalam plasma. Adapun fibrin adalah protein berupa benang-benang yang tidak larut dalam plasma. Benang-benang fibrin yang terbentuk akan saling bertautan sehingga sel-sel darah merah beserta plasma akan terjaring dan membentuk gumpalan. Jaringan baru akan terbentuk menggantikan gumpalan tersebut dan luka akan menutup.

Perhatikan gambar berikut

fibrinogen

Gambar di atas adalah gambar fibrinogen

Keterangan proses pembekuan darah:

1. Kulit terluka menyebabkan darah keluar dari pembuluh. Trombosit akan ikut keluar juga bersama darah kemudian menyentuh permukaan – permukaan kasar yang akan menyebabkan trombosit pecah. Trombosit akan mengeluarkan zat (enzim) yang disebut trombokinase.

2. Trombokinase akan masuk ke dalam plasma darah dan akan mengubah protrombin menjadi enzim aktif yang disebut trombin. Perubahan tersebut dipengaruhi ion kalsium (Ca²+) di dalam plasma darah. Protrombin adalah senyawa protein yang larut dalam darah yang mengandung globulin. Zat ini merupakan enzim yang belum aktif yang dibentuk oleh hati. Pembentukannya dibantu oleh vitamin K.

3. Trombin yang terbentuk akan mengubah firbrinogen menjadi benangbenang fibrin. Terbentuknya benang-benang fibrin menyebabkan luka akan tertutup sehingga darah tidak mengalir keluar lagi. Fibrinogen adalah sejenis protein yang larut dalam darah. Coba Anda bayangkan, apabila fibrin ini beredar di dalam darah kita tanpa adanya luka, apa yang akan terjadi? Tentunya akan terjadi banyak penyumbatan darah yang bisa berakibat fatal dalam tubuh kita.

Posted on 31 Januari 2013, in Informasi, Pendidikan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: