Definisi Tentang Demam Rematik yang Disebabkan Oleh Bakteri Streptokokus


streptococcus_pneumoniae

Demam rematik adalah penyakit inflamasi yang dapat mengembangkan dua sampai tiga minggu setelah infeksi streptokokus Grup A (seperti radang tenggorokan atau demam berdarah). Hal ini diyakini disebabkan oleh antibodi reaktivitas silang dan dapat melibatkan jantung, sendi, kulit, dan otak. Demam rematik akut biasanya muncul pada anak-anak antara usia 5 dan 15, dengan hanya 20% dari serangan pertama kali terjadi pada orang dewasa.

Demam rematik pada umumnya telah terjadi di seluruh dunia, dan ialah salah satu yang dapat merusak katup jantung. Di negara-negara barat, demam rematik mulai cukup langka sejak tahun 1960-an, itu mungkin dikarenakan telah meluasnya penggunaan antibiotik untuk mengobati infeksi streptokokus. Meskipun penyakit ini jarang terjadi, namun penyakit ini adalah salah satu penyakit yang serius dan memiliki mortalitas 2-5%.

Demam rematik biasanya mudah menyerang anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun dan terjadi sekitar 20 hari setelah radang tenggorokan atau demam scarlet.

Tingkat perkembangan demam rematik pada setiap individu oleh infeksi bakteri streptokokus yang tidak diobati diperkirakan 3%. Kemunculan demam rematik yang tidak diobati, secara substansial lebih besar (sekitar 50%). Laju penyebaran dan pertumbuhan streptokokus jauh lebih rendah pada individu yang telah menerima pengobatan antibiotik. Orang yang telah mengalami kasus demam rematik memiliki kecenderungan berpotensi mengalami demam rematik kembali dikemudian hari.

Berulangnya demam rematik relatif umum dalam ketiadaan pemeliharaan antibiotik dosis rendah, khususnya selama tiga sampai lima tahun pertama setelah terserah pada saat pertama kali. Terjadinya komplikasi jantung jangka panjang dan berat, terutama jika katup yang terluka.

Korban Demam rematik sering harus mengambil penisilin untuk mencegah infeksi streptokokus yang mungkin dapat mengarah kepada demam rematik lainnya yang dapat berakibat fatal.

Posted on 7 Februari 2013, in Informasi, Pendidikan, Pendidikan Kesehatan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: