Unsur Pembentuk Negara: Rakyat


Rakyat merupakan unsur terpenting negara, karena rakyatlah yang pertama kali berkehendak membentuk negara. Secara politis, rakyat adalah semua orang yang berada dan berdiam dalam suatu negara atau menjadi penghuni negara yang tunduk pada kekuasaan negara itu.

Rakyat suatu negara dibedakan antara penduduk dan bukan penduduk. Penduduk adalah, semua orang yang berdomisili di dalam wilayah suatu negara (menetap) untuk jangka waktu lama. Di Indonesia Penduduk yang memiliki status kewarganegaraan disebut WNI ; penduduk yang bukan warga negara, disebut orang asing (WNA).

Bukan penduduk, adalah mereka yang berada didalam wilayah suatu negara hanya untuk sementara waktu (tidak menetap). Contoh para turis mancanegara.

Berdasarkan hubungannnya dengan pemerintah negaranya rakyat dapat dibedakan antara, warga negara dan bukan warga negara.

  1. Warga negara, adalah mereka yang berdasarkan hukum tertentu merupakan anggota dari suatu negara, dengan status kewarganegaraan warga negara asli atau warga negara keturunan asing. UU yang mengatur kewarganegaraan Indonesia yang sekarang berlaku adalh, UU No. 12 tahun 2006.
  2. Bukan warga negara (orang asing), adalah mereka yang berada di suatu negara tetapi secara hukum tidak menjadi anggota negara yang bersangkutan, namun tunduk pada pemerintah dimana mereka berada.

Baca Juga :

  1. Pengertian Negara dan Unsur Pembentuk Negara.
  2. Unsur Pembentuk Negara: Wilayah
  3. Pemerintah yang Berdaulat.
  4. Unsur Pembentuk Negara: Pengakuan Oleh Negara lain.

Posted on 25 Juni 2013, in Informasi, Pendidikan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: