Manfaat Mandi dengan Air Hangat dan Dampak Negatifnya


Berendam Air Hangat

Heheheh selamat datang sobat.. wah setelah sekian lama tidak posting rasanya rindu juga pada sobat pembaca setia
maklum masih pelajar, terbagi waktunya oleh ulangan dan koneksi yang kurang bersahabat hhehehee :D

Oh ia sobat tentu sobat semua pasti pernah dong yang namanya mandi pakai air hangat, wah rasanya benar – benar nyaman bila sedang letih, badan pegal – pegal apa lagi bila habis berolahraga, ingin rasanya berendam di air yang hangat untuk menghilangkan letih di badan :)

Nah loh sobat, tahu ngga nih dampak positif dan negatifnya, sekarang Tsumasaga akan mencoba menguak pertanyaan – pertanyaan yang muncul dalam benak sobat semua hehee.

A. Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan

  1. Mandi air hangat dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka (melembab) sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Air hangat juga dapat membersihkan kulit. Pori – pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.
  2. Dengan mandi air hangat juga dapat melancarkan sisterm peredaran darah kita sobat, dan salah satunya adalah peredaran darah yang menuju ke otak sehingga kita tidak akan mudah terserang migrain.
  3. Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup sobat, dan lagi uap itu pula bisa menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.
  4. Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita dari berbagai beban pikiran yang membuat kita merasa lemah.
  5. Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.
  6. Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
  7. Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.
  8. Mandi ari hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi tubuh, air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek, dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan, terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang.
  9. Mandi air hangat juga bisa di dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan, dengan mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh kita sebelum berolahraga pagi. Ketika kita bangun tidur, otot – otot bisa jadi masih dalam keadaan kaku, ini menyebabkan kita mudah keram, dan peredaran darah pun kurang begitu lancar, sehingga dengan mandi air panas di pagi hari ini dapat melancarkan peredaran darah dan menangkal otot – otot untuk terjadi keram karena kaku.
  10. Mandi air hangat juga bisa menyembuhkan penyakit insomnia.
    1. Selingan….
      Nah sobat gimana tuh hehehee cukup menggiurkan juga bukan beberapa manfaat dari mandi air hangat hehehe, sekarang kita masuk ke dampak negatif mandi dengan air hangat.

      hotbathtub

      B. Dampak Negatif dari Mandi Air Hangat

      1. Mandi air hangat memang menguntungkan ketika membuat pori – pori membuka namun bila tidak di tutup lagi dengan cara dibilas air dingin dapat membuka semakin lebar yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.
      2. Mandi air hangat dapat menurunkan kualitas sperma ini dikarenakan mandi air hangat tidaklah baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).
        Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.
        Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin, Inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.

      3. Perhatian nih bagi ibu hamil, ternyata mandi air hangat ketika mengandung itu membahayakan janin loh, ets tapi tenang hehehe ini tergantung dari suhu air hangatnya ko. Suhu air hangat bagi ibu hamil tidak boleh terlalu tinggi karena dapat membahayakan janin dalam rahim sang ibu, sang jabang bayi bisa saja lahir tidak sempurna atau bahkan secara parahnya sang bayi tidak kuat sehingga kandungan melemah.
      4. Efek langsung dari mandi air hangat yang berketerusan pertama adalah kulit kering. “Wah wah ngebingungin yah, di atas disebutkan bisa melembabkan kulit, tapi ko disini bisa membuat kulit kering sih, temukan jawabnnya dengan melanjutkan membaca hehehe :D” Jika mandi air hangat memang dapat melembakanan kulit, namun tidak akan berlangsung lama jika dibandingkan dengan mandi air dingin, ini lah yang menyebabkan kulit mudah mengering.
      5. Mandi air hangat juga dapat membuat kita jadi kurang gairah atau kurang semangat untk menjalani aktivitas kita. Bila di atas disebutkan dapat bermanfaat sebagai relaksasi, otomatis untuk istirahat lebih nyaman dong hehe malas – malasan dikit saat istirahat gak masalah kaaan ?…..
        Rasa malas itu timbul karena suhu tubuh yg terbawa menjadi panas. Untuk orang yg hobi berolahraga mungkin sudah biasa dengan suhu tubuh yg panas. Malah bisa membuat mereka jadi makin semangat. Tapi bagi kita yg kurang berolahraga atau berolahraga tapi kurang teratur, yg ada kita malah jadi malas.

      Tips Aman Mandi Air Hangat

      1. Air yang digunakan Jangan Terlalu Panas. Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius.
      2. Cek air mandi apakah tidak terlalu panas. Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terasa terbakar atau tidak. Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup.
      3. Sebelum menggunakan air hangat, mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Kemudian baru disiram dengan air hangat.
        Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.

      4. Jangan dilakukan setiap hari, karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.

      Selesai
      Hehehhe cukup sekian dulu yah sobat pembahasan kita tentang Air Hangat
      Terus kunjungi blog Tsumasaga yah untuk mendapatkan informasi – informasi menarik lainnya

      About these ads

Posted on 18 Maret 2013, in Informasi, Pendidikan, Pendidikan Kesehatan, Tsumasaga Rainbow and tagged , , , . Bookmark the permalink. 42 Komentar.

  1. makasih info’a bgus.

  2. perasaan terahir kali gw mandi air hangat pas umur 10 taun deh

  3. .apakah bisa bkin kulit hitam ??

  4. jadi lebih baik habis mandi dg air hangat trs bilas muka lagi dengan air dingin ya gan?

    • Kalau bisa mah jangan hanya bilas muka aja gan
      tapi sekujur tubuh biar kelembapannya tidak berlebihan
      karna kalau hanya wajah nanti pori – pori dibagian tubuhnya tetep terbuka sehingga mudah dimasuki kotoran lagi gan

  5. wah aq tiap hri mndi air hngat mulu,,, bis gk tahan mndi air dingin. hehe :D
    Bhaya gk ea kloktrsan mndi air hngat? ktany kulit cpt keriput ea? cpt tua donk gw?? :(

    • wah wah jangan terlalu sering juga atuh
      ia bisa membuat kulit keriput
      karena jika terlalu sering mandi air hangat
      lapisan lipid pada kulit akan berkurang
      lapisan lipid itu berfungsi sbagai pelembab kulit
      hehee

      kan sesuatu yang berlebihan juga gak baik :)

  6. waaaaahhh trims banget or bahut-bahut sukriya atas artikelnya tentang air hangat

  7. Info bagus makasih yaa…

  8. nice post sob .. makasih udah bagi bagi informasi nya ,,

  9. mira trisetiaty

    dapet sumbernya darimana? aku perlu untuk penelitian tugas akhir

  10. Wah oke juga info nya..
    Makasihh #hehe :D

  11. nih gan kalo ane mandi air dingin and wajah meski pake sabun cuci muka apapun tuh ane coba, tetep ajeh kira kira 3 jam kedepan berminyak, kalo pake aer anget nanti gmn tuh ceritanya? :D
    umur ane msh 18… and laki laki

    • lumayan tuh kalau mandi air hangat
      saya sendiri kulit wajahnya berminyak, tapi setidaknya karena mandi air hangat, kulit akan lembab dan menghilangkan kotorna di wajah
      nah setelah itu kan ada saran tuh, mandi air dingin lagi, itu untuk menutup pori2 kembali supaya gak gampang di masukin debu gan.
      tapi kalau berminyak juga bagus sih gan
      itu tandanya kulit agan bereaksi terhadap sinar UV dari matahari, kalau kelenjar keringat agan gak ngeluarin keringet wah bahaya, serasa kebakar ntar kulit. jadi normal – normal aja gan. oh ia malah kalau saya lebih seneng gak pake pembersih wajah, malah minyak wajahnya makin dikit

  12. trimakasih gan untuk infonya
    sangat bermanfaat buat saya

  13. hahahaha,, terjawab sudah perdebatan saya dg pacar,, saya mengatakan mandi aer hangat bagus bagi tubuh, tapi dia bilang gak bagus.. ternyata ada kalanya bagus dan ada pula jelaknya ya.. thx mas agan.. nambah ilmu + dan informasi nih..

  14. Rencana pengen beli water heater… klo begini caranya, jg stiap mandi pkai air hangat dong ya..

  15. och gitu yaa….nnti mch abis mandi air anget lngsung guyur air dingin akhh biar mkin freshh :-D

    thans infonya

  16. sangat bagus buat kesehatan tuh mandi pagi jam 4 pagi sampai jam 6 pagi

  17. kalau saya sangat setuju jika tidak setiap pagi harus amndi pakai air hangat kok

  18. juga setuju kalau ga tiap hari

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 883 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: